0 3 min 6 mths

Sumber : Drs. Rohmad

Tanjung Bintang, 01 September 2023 – Kelompok Ilmiah Remaja dari SMAN 1 Tanjungbintang telah menciptakan suatu pengalaman unik dalam pembuatan es krim yang mereka namakan “Es Krim Rame-Rame” karena cara pembuatannya melibatkan banyak orang dalam proses yang seru.

Apa itu Es Krim?

Sebelum kita melompat ke dalam pembuatan es krim rame-rame, mari kita pahami apa itu es krim. Es krim adalah produk yang terbuat dari pengurangan suhu pada air mineral, dalam waktu yang relatif singkat, sehingga air ini membeku dan menghasilkan tekstur yang khas. Es krim ini menjadi favorit banyak orang dan memiliki banyak variasi rasa yang menggugah selera.

Pada dasarnya, es krim adalah cairan yang dibekukan dengan menurunkan suhu di bawah titik beku. Tetapi, pembuatan es krim bisa jadi lebih menarik daripada itu.

Cara Membuat Es Krim Rame-Rame

Pendekatan yang digunakan oleh Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 1 Tanjungbintang dalam membuat es krim ini adalah dengan melibatkan banyak orang dalam proses pembuatan. Mereka menggunakan kekuatan otot manusia dengan gotong-royong.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat es krim rame-rame:

Alat dan Bahan:

  1. Garam kasar.
  2. Batu es.
  3. Tabung (ember/baskom).
  4. Tabung logam kecil (kaleng biskuit).
  5. Palu.
  6. Centong pengaduk.

Bahan:

  1. Air mineral.
  2. Pov es.
  3. Susu cair.

Cara Kerja:

  1. Pecahkan batu es menjadi potongan-potongan yang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Masukkan batu es ke dalam tabung besar.
  3. Tambahkan garam kasar sesuai dengan perbandingan tertentu (misalnya, 1 bagian garam untuk 5 bagian batu es).
  4. Masukkan tabung logam kecil (kaleng biskuit) ke dalam tabung besar yang berisi batu es dan garam.
  5. Campurkan air mineral dengan komponen lain seperti susu dan pov es. Aduk hingga semuanya larut dalam air mineral.
  6. Tutup rapat tabung silinder kecil tersebut untuk menghindari larutan garam masuk ke dalamnya, sehingga es krim tidak terasa asin.
  7. Putar tabung tersebut dalam satu arah sekitar 150 kali atau lebih.
  8. Setelah proses berlangsung, buka tabung kecil dan es krim sudah siap untuk dinikmati.

Mengapa Kita Menggunakan Garam dalam Membuat Es Krim?

Menggunakan garam dalam pembuatan es krim memiliki alasan ilmiah yang kuat. Tanpa garam, es krim tidak akan membeku. Garam memiliki sifat hidrofilik yang memungkinkannya mengikat molekul air. Dalam proses pembekuan, garam membantu menurunkan suhu batu es di bawah titik beku, sehingga es krim dapat terbentuk. Oleh karena itu, garam memainkan peran penting dalam proses pembuatan es krim yang lezat.

Kesimpulan

Pembuatan Es Krim Rame-Rame oleh Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 1 Tanjungbintang adalah contoh nyata bagaimana sains dapat menjadi proses yang interaktif dan mengasyikkan. Lebih dari sekadar penciptaan es krim, ini adalah pengalaman berbagi yang melibatkan banyak orang dalam sebuah proyek yang menyegarkan. Selain itu, pembuatan es krim juga dapat menjadi inspirasi untuk eksplorasi lebih lanjut dalam bisnis kuliner, menggabungkan kreativitas dengan sains untuk menghasilkan produk yang nikmat dan inovatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *