0 3 min 6 mths

Tanjung Bintang, Kamis, 31 Agustus 2023 – Semangat nasionalisme dan peran anak muda dalam membangun demokrasi yang kuat menjadi sorotan utama dalam acara “Talk Show Suara Demokrasi” yang diselenggarakan di SMAN 1 Tanjung Bintang. Pada hari Kamis, tanggal 31 Agustus 2023, mulai pukul 8.00 WIB hingga 12.00 WIB, seluruh siswa kelas X berkumpul untuk mendiskusikan peran penting mereka dalam pemilihan umum sebagai bagian dari semangat membangun nasionalisme.

Acara ini dibuka dengan semangat oleh Kepala Sekolah, Haris Tri Okfianto, S.Pd., M.Pd., yang memberikan pengantar tentang pentingnya pemahaman peran anak muda dalam pemilihan umum. Beliau menggarisbawahi betapa pentingnya partisipasi aktif anak muda dalam membentuk arah negara dan mendorong semangat kebangsaan.

Talk show ini dimeriahkan oleh pemateri dari Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilihan Umum) dan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Kecamatan Tanjung Bintang. Pemateri yang ahli dalam pengawasan pemilu dan proses demokrasi ini memberikan wawasan mendalam tentang arti penting hak suara, tanggung jawab sebagai pemilih, serta dampak partisipasi anak muda dalam pemilihan umum.

Para guru SMAN 1 Tanjung Bintang memiliki peran penting sebagai fasilitator dalam diskusi ini. Mereka memandu jalannya talk show, mengajukan pertanyaan menarik, dan mendorong interaksi antara siswa dengan pemateri. Dengan kepiawaian mereka, diskusi menjadi semakin interaktif dan berdaya ungkit.

Acara ini bukan sekadar diskusi, tetapi juga bagian dari upaya sekolah dalam memupuk semangat nasionalisme di kalangan anak muda. Peserta diajak untuk merenung tentang bagaimana peran mereka dalam membangun masa depan bangsa melalui pemilihan umum, serta bagaimana partisipasi aktif mereka dapat membentuk arah negara yang lebih baik.

Talk Show Suara Demokrasi ini diharapkan mampu menyemai kesadaran politik dan tanggung jawab sosial di kalangan siswa kelas X. Dengan mendiskusikan peran anak muda dalam pemilihan umum, peserta diajak untuk mengenali betapa berharganya hak suara dan bagaimana peran mereka dalam menjaga integritas proses demokrasi.

Dalam suasana yang penuh semangat, talk show ini berjalan dengan sukses. Para siswa mendapatkan wawasan berharga tentang demokrasi, nasionalisme, dan peran mereka dalam membentuk masa depan bangsa. Melalui pengajaran dan diskusi ini, SMAN 1 Tanjung Bintang terus berkomitmen untuk melahirkan generasi yang tidak hanya cerdas akademis, tetapi juga peduli dan bertanggung jawab terhadap kemajuan Indonesia.

“Talk Show Suara Demokrasi: Peran Anak Muda dalam Pemilu sebagai Wujud Nasionalisme” di SMAN 1 Tanjung Bintang adalah bukti nyata bagaimana sekolah mengintegrasikan pendidikan nilai-nilai kewarganegaraan dan nasionalisme dalam kegiatan. Dengan dukungan pemateri ahli dan partisipasi aktif siswa, acara ini menciptakan ruang diskusi yang bermanfaat, mendorong kesadaran politik, dan membangun semangat generasi muda dalam berkontribusi pada proses demokrasi bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *