0 4 min 1 yr

Oleh: Yeni Fitri

Apabila kita mendengar kata ”perpustakaan” maka gambaran spontan yang muncul dalam pikiran kita adalah sebuah ruangan atau gedung yang dipakai untuk menyimpan buku. Menurut Sumarji (dalam Sukardi, 2005: 11), “Perpustakaan sekolah merupakan perpustakaan milik sekolah baik SLTA, SLTP, maupun SD dan TK yang digunakan sebagai sarana melaksanakan tugas­-tugas pendidikan mengajar di sekolah”.

Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang ada di lingkungan sekolah berisi buku-buku pelajaran atau bacaan guna kepentingan pendidikan/pengajaran dan disusun menurut sistem tertentu serta merupakan bagian dari sekolah. Selain itu bahwa perpustakaan adalah suatu unit kerja yang berupa tempat pengumpulan, penyimpanan dan memelihara koleksi pustaka baik buku­-buku ataupun bacaan lainnya yang diatur, diorganisir dan diadministrasikan dengan cara tertentu, untuk memberikan kemudahan dan digunakan secara kontinu oleh pemakainya sebagai informasi. Perpustakaan sekolah juga merupakan pusat kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah. Serta pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan).

Di SMAN 1 Tanjung Bintang, perpustakaan sekolah sudah ada sejak 26 tahun yang lalu (sejak berdirinya sekolah). Dan diberi nama “Arumi” sejak tahun 2021. Bagi guru, perpustakaan merupakan tempat untuk membantu guru dalam mengajar dan memperluas pengetahuan. Bagi siswa, membantu siswa untuk memperjelas dan memperluas pengetahuannya pada setiap bidang studi. Membiasakan siswa untuk mencari informasi di perpustakaan. Kemahiran siswa untuk mencari informasi di perpustakaan akan menolongnya untuk mampu belajar secara mandiri dan memperlancar dalam mengikuti pelajaran selanjutnya. Merupakan tempat untuk mendapatkan bahan rekreasi sehat melalui buku-buku bacaan yang sesuai dengan umur dan tingkat kecerdasan siswa.

Kemajuan pesat dibidang teknologi informasi dalam tahun-tahun terakhir ini telah mendorong perpustakaan, sebagai salah satu komponen pengelola informasi, untuk memanfaatkan kemajuan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna/pengunjung dalam menelusuri dan meminjam koleksi, perpustakaan mulai menerapkan teknologi komputer yang sederhana dan terjangkau. Pemanfaatan teknologi modern itu diharapkan dapat memperbaiki kinerja perpustakaan dan meningkatkan kepuasan pengguna/pengunjung. Dengan adanya fasilitas komputer maka akan bisa dikembangkan dengan jaringan internet, sehingga semua kebutuhan siswa dalam proses belajar mengajar dapat dibantu penyelesaiannya dengan menggunakan internet. Perpustakaan pada masa kini seyogyanya menyediakan fasilitas internet untuk pengguna/pengunjung. Manfaat dari jaringan internet sangat banyak sekali, hampir semua bidang dapat menikmati manfaat internet.

Dengan adanya internet di perpustakaan akan mempermudah penyelesaian pekerjaan dan penyelesaian tugas siswa, sehingga fungsi perpustakaan memang banyak mendukung proses belajar mengajar di sekolah. Dengan segala keterbatasan, perpustakaan sekolah sangat diperlukan terutama oleh siswa, untuk itu perpustakaan sekolah harus tetap exist, karena paling tidak ada 4 hal yang diemban perpustakaan sekolah untuk membekali siswa yaitu:

  1. Menjadikan siswa gemar membaca.
  2. Dapat memilih bacaan yang baik.
  3. Dapat membaca dengan baik.
  4. Terampil menemukan informasi yang diperlukan baik selama ia jadi siswa maupun ketika mereka sudah lulus.

Meskipun hal tersebut sangat tidak mudah tetapi harus kita upayakan demi tercapainya tujuan pendidikan dan tujuan proses belajar mengajar di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *