3 2 min 7 dys

Pada hari Senin, tanggal 13 Mei 2024, SMAN 1 Tanjung Bintang menggelar upacara bendera yang dihadiri oleh seluruh siswa, guru, dan staf sekolah. Upacara ini juga menjadi awal dari sebuah pembelajaran baru dalam Menggali Potensi Berbahan Dasar Pangan Melalui Wirausaha Muda, yang dicanangkan dalam Projek P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Dalam pidatonya, Kepala Sekolah Haris Tri Okfianto, menyampaikan visi dan tujuan dari projek P5, yang bertujuan untuk menggalang semangat kewirausahaan di kalangan siswa, sambil juga memberdayakan potensi alam lokal dalam bidang pangan. Beliau juga secara resmi membuka kegiatan tersebut, menandai dimulainya pembinaan yang akan dilaksanakan dari tanggal 13 hingga 15 Mei 2024.

Jadwal kegiatan pembinaan tersebut akan mencakup berbagai pelatihan dan workshop yang akan dilakukan oleh para guru pendidik di SMAN 1 Tanjung Bintang. Siswa-siswi akan diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan ide-ide kreatif mereka dalam menghasilkan produk pangan yang inovatif dan berkualitas.

Puncak kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2024, di mana para siswa akan melakukan Panen Karya dari hasil jerih payah dan ide-ide kreatif mereka. Ini akan menjadi momen penting dalam pembelajaran projek P5, di mana hasil dari pembinaan akan diimplementasikan secara nyata.

Di hari Jumat, tanggal 17 Mei 2024, akan dilakukan sesi refleksi untuk mengevaluasi proses dan hasil dari kegiatan ini. Ini merupakan kesempatan bagi seluruh peserta untuk mengevaluasi pembelajaran dan pengalaman yang telah mereka dapatkan selama projek ini berlangsung.

Projek P5 diharapkan tidak hanya menjadi sebuah kegiatan sementara, tetapi juga menjadi langkah yang membawa dampak positif dalam meningkatkan kreativitas, kewirausahaan, dan kemandirian siswa-siswi SMAN 1 Tanjung Bintang dalam menghadapi tantangan masa depan.

Oleh Edi Kurniawan

3 thoughts on “Upacara dan Pembukaan Projek P5 di SMAN 1 Tanjung Bintang

  1. Projec P5 dismantab berharap
    Adapun karakteristik kewirausahaan yang sukses, diantaranya jujur, mempunyai komitmen, pantang menyerah, disiplin, berani mengambil resiko, punya orientasi masa depan, percaya diri, dan memiliki kreativitas tanpa batas.

    Maju terus smantab oke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *