0 3 min 6 mths

Sumber: Sulasmei Ningsih, S.Pd.

Tanjung Bintang, Tanggal 24 Agustus 2023 – Semangat keorganisasian dan kepemimpinan menjadi ciri khas para siswa yang terlibat dalam OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) atau MPK (Majelis Perwakilan Kelas). Dalam upaya untuk memberikan pandangan yang lebih dalam tentang struktur organisasi dan tanggung jawab mereka, para pengurus OSIS/MPK menjalankan peran penting dalam menyampaikan materi mengenai keorganisasian OSIS dan MPK dalam acara P5.

Kegiatan P5 (Pembinaan, Pengenalan, dan Peningkatan) menjadi platform yang tepat untuk mengedukasi siswa tentang peran penting OSIS/MPK dalam lingkungan sekolah. Pada acara ini, pengurus OSIS/MPK mengambil peran sebagai fasilitator, berbagi informasi tentang struktur organisasi, tujuan, serta peran masing-masing komponen dalam OSIS dan MPK.

Pengurus OSIS/MPK sebagai fasilitator tidak hanya menyampaikan informasi secara teoretis, tetapi juga membagikan pengalaman nyata tentang tantangan dan prestasi yang telah dicapai dalam kepemimpinan mereka. Melalui cerita pribadi, mereka mengilustrasikan bagaimana tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus OSIS/MPK memainkan peran penting dalam membentuk karakter dan pengembangan diri.

Materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek, mulai dari struktur organisasi OSIS/MPK, fungsi masing-masing divisi, hingga tanggung jawab anggota. Para siswa diajak untuk memahami bagaimana organisasi ini bekerja sebagai wadah ekspresi dan partisipasi siswa dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kegiatan sekolah.

Selain memberikan informasi, para pengurus OSIS/MPK juga menggarisbawahi pentingnya keterlibatan aktif dalam organisasi. Mereka mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kerjasama, serta semangat berinovasi. Dengan keterlibatan yang aktif, siswa memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan mereka dan memberikan kontribusi nyata pada pengembangan sekolah.

Peran serta para pengurus OSIS/MPK dalam menyampaikan materi tentang keorganisasian OSIS dan MPK di kegiatan P5 bukan hanya tentang mengedukasi, tetapi juga menginspirasi. Melalui contoh nyata dari teman sekelas mereka, siswa dihadapkan pada peluang dan tantangan yang dapat mereka hadapi di masa depan. Hal ini mendorong mereka untuk berani mengambil peran aktif dalam organisasi, mewujudkan potensi diri, dan menjadi agen perubahan positif dalam lingkungan sekolah.

Dengan melibatkan para pengurus OSIS/MPK sebagai fasilitator dalam kegiatan P5, sekolah tidak hanya memberikan informasi tentang organisasi, tetapi juga membangun kepemimpinan dan karakter positif pada siswa. Mereka diajak untuk memiliki sikap proaktif, berkomunikasi efektif, dan berkolaborasi dengan baik – keterampilan yang akan membantu mereka sukses di berbagai bidang kehidupan.

Peran OSIS/MPK sebagai fasilitator dalam menyampaikan materi tentang keorganisasian OSIS dan MPK di kegiatan P5 adalah langkah penting dalam membangun pemahaman, inspirasi, dan motivasi siswa. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya menjadi anggota aktif dalam organisasi, tetapi juga pengembang potensi diri yang siap menghadapi tantangan masa depan. Melalui dukungan dan pembelajaran berkelanjutan, sekolah menciptakan lingkungan yang berfokus pada pengembangan kepemimpinan dan karakter positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *