0 3 min 6 mths

Pada tanggal 14 Agustus 2023, SMAN 1 Tanjung Bintang kembali menggelar Upacara Hari Pramuka dengan tema yang menginspirasi, “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”. Acara ini dihadiri oleh seluruh jajaran dan peserta didik sekolah, menciptakan momen yang penuh semangat untuk memperkuat semangat Pramuka dan nilai-nilai kepemimpinan di kalangan generasi muda.

Dengan suasana pagi yang segar, peserta upacara, yang terdiri dari siswa dan siswi berpakaian seragam Pramuka, berkumpul di lapangan sekolah. Mereka membentuk barisan yang teratur di bawah panji-panji Pramuka, dengan kebanggaan dan semangat yang jelas terpancar dari wajah-wajah mereka.

Upacara dimulai dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih oleh pembina upacara, Haris Tri Okfianto. Saat bendera merah putih berkibar dengan anggunnya di langit pagi, nuansa patriotisme dan semangat cinta tanah air mengalir dalam setiap detik momen tersebut.

Dalam pidatonya, Haris Tri Okfianto, yang juga bertindak sebagai Pembina Upacara, menyampaikan pesan yang mendalam tentang arti tema “Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional”. Dia menekankan pentingnya mengembangkan diri secara profesional tanpa melupakan prinsip proporsionalitas dalam segala aspek kehidupan.

Para peserta upacara diberikan pengertian yang lebih dalam tentang makna tema tersebut. Profesionalisme dalam tindakan dan sikap dihubungkan dengan integritas dan dedikasi dalam setiap peran yang diemban. Sementara proporsionalitas dihubungkan dengan keseimbangan dan keadilan dalam mengambil tindakan serta membuat keputusan.

Pada acara tersebut, beberapa siswa yang telah menunjukkan prestasi dan dedikasi yang luar biasa dalam kegiatan Pramuka juga mendapatkan penghargaan dan apresiasi. Ini memberikan contoh nyata bagaimana semangat Pramuka mampu menginspirasi individu untuk mencapai prestasi lebih baik.

Selain serangkaian acara formal, upacara ini juga menawarkan sejumlah aktivitas seperti perlombaan kebersihan, perlombaan kreativitas, dan permainan tradisional. Ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk berinteraksi, bersosialisasi, dan mengasah kemampuan kerjasama tim.

Kepala Sekolah SMAN 1 Tanjung Bintang juga memberikan pengarahan dalam sambutannya. Dia menekankan bahwa tema upacara mencerminkan pentingnya mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai dengan prinsip etika dalam berbagai bidang.

Dengan berakhirnya upacara, semangat kebangsaan dan semangat Pramuka masih terasa di hati setiap peserta. Upacara Hari Pramuka di SMAN 1 Tanjung Bintang pada tanggal 14 Agustus 2023 telah memberikan pesan yang kuat tentang pentingnya profesionalisme dan proporsionalitas dalam membentuk karakter dan kepemimpinan generasi muda yang akan menjadi tulang punggung masa depan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *