0 3 min 8 mths

Pada hari Selasa, tanggal 8 Agustus 2023, tarian unik dan megah dari benang rajutan menghiasi GOS SMANTAB OKE SMAN 1 Tanjung Bintang. Dalam upaya mendorong inovasi dan kreativitas, Dinas Perindustrian dan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DIPERINDAG) serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Lampung Selatan menyelenggarakan pelatihan berharga tentang Inuh Tapis. Acara ini mengambil langkah maju menuju ekonomi kreatif, dan melibatkan siswa-siswi hebat dari SMAN 1 Tanjung Bintang.

Inuh Tapis: Memeluk Kekayaan Budaya dalam Setiap Rajutan

Inuh Tapis, karya seni tradisional yang mencerminkan kerajinan dan warisan budaya Lampung Selatan, ditemukan dalam setiap benang dan pola yang dianyam dengan penuh keterampilan. Pelatihan ini bukan hanya tentang mengajarkan teknik rajutan yang mendalam, tetapi juga mengenalkan peserta pada sejarah dan nilai budaya yang tersimpan di dalam setiap simpul dan celah rajutan tersebut.

Pelatihan Inuh Tapis: Menciptakan Wirausaha Baru

Kegiatan ini memiliki tujuan lebih besar daripada sekadar mengajar keterampilan rajut tradisional. DIPERINDAG dan DEKRANASDA Kabupaten Lampung Selatan melihat peluang untuk menciptakan wirausaha baru dalam ekonomi kreatif melalui pengajaran tentang Inuh Tapis. Dengan menggabungkan seni dan bisnis, pelatihan ini memberikan landasan yang kokoh bagi para peserta untuk menjelajahi dunia kewirausahaan dengan pola pikir inovatif.

Dukungan Penuh dari Siswa-Siswi Hebat dan Kepala Sekolah

Peserta pelatihan merupakan siswa-siswi yang telah diakui atas prestasi dan semangat mereka di SMAN 1 Tanjung Bintang. Dengan antusiasme, mereka menyambut pelatihan ini sebagai peluang untuk berkreasi dan mengembangkan potensi. Kepala Sekolah, Haris Tri Okfianto, S.Pd., M.Pd., dengan keyakinan mendukung acara ini sebagai salah satu langkah strategis untuk memajukan potensi kreatif dan kewirausahaan di kalangan siswa.

Pelatih Berkualitas dari Tim Ahli DIPERINDAG dan DEKRANASDA

Pelatihan ini tidak hanya disampaikan oleh siapa saja, melainkan oleh tim ahli dari DIPERINDAG dan DEKRANASDA Kabupaten Lampung Selatan. Dengan pengetahuan mendalam tentang Inuh Tapis dan pengalaman dalam industri kreatif, tim ahli ini mampu membimbing peserta melalui proses pembelajaran yang berarti dan mendalam.

Jejak Menuju Masa Depan Berwarna dalam Ekonomi Kreatif

Acara ini adalah bukti nyata tentang komitmen Kabupaten Lampung Selatan dalam memperkaya ekonomi kreatif melalui warisan budaya. Dengan pelatihan seperti Inuh Tapis, masyarakat diajak untuk merangkul identitas lokal mereka dan menerjemahkannya ke dalam wirausaha yang inovatif. Di tengah keterbatasan waktu, peserta pelatihan mampu merasakan atmosfer budaya yang dalam dan mengerti bahwa inovasi tidak hanya melibatkan teknologi, tetapi juga penghargaan terhadap akar budaya kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *