0 3 min 1 yr

Tanjung Bintang – Sebanyak 34 siswa SMA Negeri 1 Tanjung Bintang (SMANTAB) kini telah terampil menulis. Itu setelah mereka mengikuti kegiatan diklat jurnalistik dan fotografi (jurfo) di sekolah setempat.

Ke-34 siswa yang tergabung dalam ekskul jurnalistik dan fotografi tersebut mengikuti pelatihannya selama dua hari. Terhitung Sabtu hingga Minggu (7-8/1/2023) yang diisi pemateri dari dua praktisi. Yaitu Bapak Perdiansyah dari ANTARA dan Bapak Abdul Karim, S.Pd., M.Pd. dari Radar Lampung.

Kepala SMANTAB Bapak Haris Tri Okfianto, S.Pd., M.Pd. diwakili bapak Aris Atsim, S.Pd. mengatakan diklat ini untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa SMANTAB khususnya yang tergabung dalam ekskul jurnalistik dan fotografi. “Harapannya setelah kegiatan ini, peserta dapat membuat satu hari satu berita untuk di-upload ke website sekolah,” ujar bapak Aris Atsim, S.Pd. dalam sambutannya.

Selanjutnya, Perdiansyah yang juga fotografer ANTARA menyampaikan fotografi jurnalistik merupakan berita dalam bentuk gambar. “Karena itu sebuah foto bisa dikatakan foto jurnalistik jika memiliki nilai informasi yang penting dan menarik,” jelasnya.

Sementara Abdul Karim S.Pd., M.Pd. yang juga wakil pemimpin redaksi Radar Lampung memaparkan bahwa jurnalistik merupakan kegiatan mengumpulkan informasi, menulis dan menyuntingnya menjadi naskah berita, lalu menerbitkannya melalui media massa. Menurutnya untuk menjadi seorang jurnalis harus mempunyai wawasan yang luas yaitu dengan banyak membaca baik teks maupun konteks. Lebih lanjut, Abdul Karim S.Pd., M.Pd.

Tampak peserta dalam diklat perdana ekskul dalam binaan Ibu Suriyulan S.Pd. antusias mengikutinya hingga tuntas. Bahkan pasca diklat masing-masing dari peserta menghasilkan satu karya tulis yang siap di-upload di web sekolah. Salah satunya tulisan Aldeen. “Saya senang sekali bisa mengikuti kegiatan yang sebelumnya belum pernah saya dapat. Bahkan, tulisan saya berkesempatan terpilih menjadi salah satu tulisan yang dibedah bersama peserta diklat. Semoga saya bisa berkontribusi menghidupkan ekskul ini melalui tulisan saya juga semua anggota yang ada,” ucap Aldeen.

FOTO Bagas/SMANTAB
MENYIMAK: peserta diklat jurfo tampak serius mengikuti pemaparan materi jurnalistik dari Bapak Abdul Karim S.Pd., M.Pd. bersama Ibu Suriyulan, S.Pd di labolatorium fisika, Minggu (8/1/2023)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *