0 2 min 3 yrs

PPDB Online adalah sebuah ide dengan sistem khusus yang dirancang sebagai sumber atau pusat informasi serta pengelolaan dalam proses seleksi penerimaan siswa baru untuk jenjang TK, SMP, SMU dan SMK. Ide ini adalah merupakan hasil inovasi mengingat kita telah melakukan karantina besar- besaran dan tetap dalam masa waspada dengan cara hidup baru yaitu new normal. Oleh sebab itu dengan memanfaatkan teknologi, diharapkan pendaftaran siswa akan terus berlanjut dengan keamanan yang tetap terjaga.

 Sedangkan proses pendaftaran sendiri masih tetap sama dengan proses yang biasa dilakukan secara umum. Siswa harus mendaftarkan diri mereka, kemudian melalui proses seleksi dan kemudian hasilnya dengan berbasisi teknologi informasi dan komunikasi akan diberitahukan secara online. Sistem ini sendiri telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2019 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Jalur ini diperuntukkan menurut domisili dalam wilayah zonasi oleh Pemerintah Daerah (Pemda) masing- masing.

 Juga dengan mengusung tagar #DiRumahAja, PPBD mengajurkan para wali murid dan siswa melakukan pendaftaran dari rumah saja secara online untuk tetap menjaga keamanan mereka. Pemerintah juga telah melakukan upaya sosialisasi PPBD online dengan tagar yang sudah lebih dahulu ada dan juga dengan penyuluhan grafis melalui sosial media. Upaya ini telah dilakukan sejak bulan Mei dengan dibukanya pengisian data CPBD dan validasi data calon peserta dengan pengeceken nilai rapor online, penyesuaian alamat NIK dan kemudian dilanjutkan dengan pemberian PIN untuk pendaftaran PPDB secara online.

berikut adalah informasi mengenai PPDB 2021-2022 silahkan di download :



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *