0 2 min 12 mths

Penetapan Hari Pendidikan Nasional tak bisa dilepaskan dari sosok Ki Hadjar Dewantara. Hari Pendidikan Nasional atau yang biasa disingkat HARDIKNAS ditetapkan oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya untuk memperingati kelahiran Ki Hadjar Dewantara sebagai tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa.

Pagi hari ini (02/05/2023) seluruh warga SMA Negeri 1 Tanjung Bintang melaksanakan upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional. Upacara ini diikuti oleh kelas X, kelas XI, jajaran dewan Guru, beserta staff tata usaha.

Dalam amanatnya Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Bintang, bapak Haris Tri Okfianto, S.Pd., M.Pd. selaku Pembina upacara mengatakan harapannya,  “Di Hari Pendidikan Nasional ini semoga SMA Negeri 1 Tanjung Bintang semakin bagus, semakin maju, semakin membuat nyaman siswa-siswi dalan kegiatan belajar mengajar,” Bapak Haris Tri Okfianto, S.Pd., M.Pd. juga memberi tahu arti dari 3 semboyan bagi para pengajar dalam dunia Pendidikan Indonesia.

Ki Hajar Dewantara mendapat julukan sebagai Bapak Pendidikan karena beliau berhasil mendirikan sebuah sekolah bernama Perguruan Nasional Taman Siswa pada tanggal 3 juli 1922 di Yogyakarta. Ki Hajar Dewantara membuat tiga buah semboyan saat mendirikan Taman Siswa tersebut, yaitu :

  1. Ing Ngarsa Sung Tulada artinya dari depan, seorang pendidik harus memberikan teladan yang baik.
  2. Ing Madya Mangun Karsa artinya dari tengah, seorang pendidik harus dapat menciptakan prakarsa atau ide.
  3. Tut Wuri Handayani artinya dari belakang, seorang pendidik harus bisa memberi arahan.

Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional ini berlangsung dengan khidmat. Para peserta upacara mengikuti upacara sampai akhir dengan penuh semangat.

Dokumentasi Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023

Fotografer : Alden, Andini, Gita

Penulis : Hanun, Arletta, Nadhia, Abrilian, Vica, Alvina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *