0 3 min 10 mths

Tanjung Bintang – Pada Jumat, 30 Juni 2023, SMAN 1 Tanjung Bintang menyelenggarakan kegiatan qurban dalam rangka perayaan Idul Adha. Dalam acara yang diadakan di halaman sekolah tersebut, dua ekor sapi telah disiapkan untuk disembelih sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT dan untuk berbagi dengan sesama.

Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, merupakan salah satu hari raya terpenting dalam agama Islam. Pada hari tersebut, umat Muslim merayakan ketaatan Nabi Ibrahim (Abraham) yang siap untuk mengorbankan anaknya sendiri atas perintah Allah SWT. Namun, Allah kemudian menggantinya dengan seekor domba. Dalam mengenang peristiwa ini, umat Muslim di seluruh dunia melaksanakan qurban, yaitu penyembelihan hewan ternak seperti sapi, kambing, atau domba, dan membagikan dagingnya kepada orang-orang yang membutuhkan.

SMAN 1 Tanjung Bintang sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen untuk mendorong pengembangan akhlak mulia dan kepedulian sosial, telah memutuskan untuk menyelenggarakan kegiatan qurban ini sebagai salah satu upaya dalam melatih rasa kepedulian dan solidaritas siswa terhadap sesama. Dua ekor sapi yang telah disiapkan sebelumnya akan menjadi sumbangan yang berarti bagi masyarakat sekitar.

Pada pagi hari itu, segenap siswa dan guru SMAN 1 Tanjung Bintang berkumpul di halaman sekolah dengan penuh semangat. Mereka membawa perlengkapan qurban seperti pisau, sarung tangan, dan alat pemotong daging untuk melakukan proses penyembelihan. Sebelumnya, mereka juga telah diberikan arahan oleh petugas dari lembaga yang berwenang untuk memastikan penyembelihan dilakukan secara humanis dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Proses penyembelihan dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian dan dalam suasana yang khidmat. Siswa yang terlibat langsung dalam kegiatan ini diajarkan tentang pentingnya rasa syukur, pengorbanan, dan kepedulian terhadap sesama. Selain itu, mereka juga diberi pemahaman tentang bagaimana cara membagi daging qurban secara adil kepada masyarakat yang membutuhkan.

Setelah proses penyembelihan selesai, daging-daging tersebut dipisahkan dan dikemas rapi. Kemudian, siswa dan guru SMAN 1 Tanjung Bintang membentuk tim untuk mendistribusikan daging qurban kepada masyarakat di sekitar sekolah yang membutuhkan dan memberikan paket daging qurban sebagai tanda kepedulian dan sebagai wujud nyata dari semangat berbagi dalam momen Idul Adha.

Kegiatan qurban di SMAN 1 Tanjung Bintang ini bukan hanya sekadar pemenuhan kewajiban agama, tetapi juga sebagai bentuk pendidikan karakter dan pengembangan sosial siswa. Dalam prosesnya, mereka belajar tentang kepedulian terhadap sesama, pengorbanan, dan rasa syukur atas berkah yang diberikan oleh Allah SWT.

Dengan menyelenggarakan kegiatan qurban ini, SMAN 1 Tanjung Bintang memberikan contoh yang baik kepada siswa dan masyarakat sekitar tentang pentingnya berbagi dengan sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi pemicu bagi banyak orang untuk berbuat kebaikan dan menjaga semangat saling tolong-menolong dalam hidup sehari-hari.

Selamat Idul Adha! Semoga rahmat dan berkah Allah SWT selalu melimpah bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *