0 2 min 1 yr

SMANTAB NEWS – Sebanyak 30 siswa SMAN 1 Tanjung Bintang (SMANTAB) telah mengikuti Diklat Kelompok Ilmiah Remaja di GOS TABINTA  setempat.

 Ketiga puluh siswa yang tergabung dalam Kelompiok Ilmiah Remaja tersebut mengikuti pelatihan selama satu hari penuh, Minggu (15/1/23), yang diisi pemateri dari guru Bahasa Indonesia SMANTAB, yaitu Ibu Suriyulan, S.Pd.

 Pembina eskul KIR SMANTAB, Drs. Rohmad mengatakan bahwa Kelompok Ilmiah Remaja merupakan organisasi yang sifatnya terbuka bagi para remaja yang ingin mengembangkan kreativitas, ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa kini maupun masa yang akan datang. Diklat hari ini, kita minta pemateri memberikan materi tentang pembuatan esai. Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis ilmiah, berpikir ilmiah, dan pandai berargumen ilmiah. Harapannya setelah Diklat ini peserta dapat membuat esai untuk di-upload ke website sekolah.

 Selanjutnya, Ibu Suriyulan, S.Pd, yang juga guru Bahasa Indonesia ini SMANTAB  memaparkan bahwa untuk dapat menulis esai, penulis harus mempunyai wawasan yang luas karena esai merupakan pendapat dari sudut pandang penulisnya, bersifat subjektif, kombinasi antara fakta dan opini. Oleh sebab itu, penulis esai harus banyak membaca baik itu teks maupun konteks.  Tampak peserta sangat antusias mengikuti Diklat sampai selesai. Bahkan setelah Diklat masing-masing dari peserta diminta menghasilkan karya tulis berupa esai yang siap di-upload di website sekolah.

Penulis : Suriyulan & Team Jurnalis SMANTAB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *